14 Mei 2008

Wolfgang Amadeus Mozart

Para penggemar musik klasik pasti sudah mengenal nama komposer satu ini. Si genius Wolfgang Amadeus Mozart memang lahir untuk menjadi seorang musisi besar. Dia lahir di Salzburg, Austria pada tanggal 27 Januari 1756. Bakat musik dialirkan dari ayahnya yang merupakan seorang komposer dan pemain biola sukses pada masanya. Tidak heran kalau Mozart bersama kakaknya, Maria Anna, sudah diajarkan musik sejak dini.

Usia lima tahun, Mozart sudah mulai membuat sebuah komposisi kecil. Tahun berikutnya, dia bersama kakaknya diajak bergabung dalam orkestra ayahnya dan bermain ke Munich dan Wina. Mozart pada saat itu sudah bisa memainkan biola dengan fasih. Pada tahun 1763, saat berusia tujuh tahun, Mozart dan keluarga mulai keliling Eropa Barat untuk tampil dalam konser besar selama tiga tahun.

Di sela-sela waktunya, Mozart tetap meneruskan berkarya membuat komposisi sebuah sonata. Simfoni pertamanya selesai berbarengan dengan usianya yang baru menginjak sembilan tahun. Sedang karya opera pertamanya berhasil diselesaikan pada tahun 1768 di Wina.

Mozart kemudian banyak menghabiskan masa mudanya dari satu pagelaran ke pagelaran berikutnya. Di tengah kesibukannya bermain bersama sang ayah, Mozart masih sempat menyelesaikan tiga karya opera, delapan simponi, dan beberapa karya musik lainnya.

Prestasinya yang cemerlang ternyata tidak dibarengi dengan perjalanan karirnya. Mozart harus keliling kota-kota besar Eropa dulu untuk bisa mendapatkan posisi bagus. Akhirnya kota Paris membukakan pintu bagi Mozart untuk mempresentasikan komposisi simfoninya. Sayang, setelah konser perdana selesai, sang ibu meninggal dunia.

Mozart kemudian menikah dengan Constanze Weber dan dikaruniai enam anak namun hanya dua yang mampu bertahan. Walaupun secara finansial hidup mereka sekeluarga kekurangan karena gaya hidup berlebihan, Mozart tidak surut dalam memproduksi karya musik, bahkan cenderung produkstif. Beberapa karya terkenalnya lahir pada masa ini, diantaranya The Marriage of Figaro.

Setelah menyelesaikan beberapa karya simfoni dan opera, Mozart akhirnya meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 1791.

- Dirangkum dari berbagai sumber.

1 komentar:

Zulva Farabi mengatakan...

Izin copast gan